JENJANG DATA

Sebuah data pada basis data mempunyai beberapa tingkatan diantaranya adalah :
1.      Character
Character merupakan bagian data yang paling kecil, dapat berupa character numeric, huruf atau karakter khusus yang membentuk suatu item data atau filed.
2.      Field
Field mempresentasikan sebuah atribut dari record yang menunjukan suatu item dari data, misalnya nama, alamat, nomer telepon, dan lain sebagainya. Nama satu filed harus berbeda dengan field lainnya, beberapa tipe field diantaranya : karakter, teks, tanggal, angka, dan lain sebagainya. Gambaran sebuah field seharusnya mempunyai beberapa komponen diantaranya adalah tipe field, lebar field (ruang maksimum yang dapat terisi oleh karakter, teks, angka, dsb.) dan isi dari field tersebut untuk masing-masing record atau sering disebut dengan field value.
3.      Attribute
Secara harfiah attribute dapat diartikan sebagai perlengkapan, di dalam basis data atribut dapat diartikan sebagai pelengkap data yang ada pada masing-masing field, sehingga dapat memberikan sebuah informasi terhadap sebuah item dalam basis data. Suatu attribute dapat mewakili karakter suatu entity.
4.      Record
Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap-tiap record dapat mewakili data tiap-tiap karyawan.
5.      File
File merupakan kumpulan dari record-record dalam basis data yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya file mata pelajaran berisi data tentang semua mata pelajaran yang ada.
6.      Entity
Suatu obyek nyata yang dapat dibedakan dari yg lainnya. Pada sebuah data base entity dapat pula diartikan sebagai isi dari data base tersebut.
7.      Data Base
Data base merupakan kumpulan dari beberapa file atau tabel yang saling berhubungan sehingga dapat membentuk sebuah basis data.
8.      DBMS
Merupakan kumpulan dari database yang terdiri dari beberapa file dan tabel yang saling berkaitan dan titambah dengan sebuah program yang berfungsi sebagai pengelola sistem.

2 komentar:

Afandi said...

Tq atas infornya gan, sangat bermanfaat.
jgn lupa mampir ke blog ane gan :)

LOVELYZ TRILOGY said...

makasih
flux cody ori

Post a Comment

Copyright © Anugrah Krisna Aji @ jokojowo.blogspot