Remote Authentication Dial-In User Service

RADIUS atau Remote Authentication Dial-In User Service merupakan sebuah protocol yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan Authentication (pembuktian keaslian), Authorize (otoritas/pemberian hak) dan Accounting (akutansi) (AAA) untuk meremote para pengguna atau user yang ingin mengakses suatu sistem atau layanan dari pusat server jaringan komputer.

Anda mungkin telah mendapatkan pengalaman dalam hal Authentication, misalnya saja Anda menggunakan account internet dial up untuk masuk dan melakukan browsing untuk mendapatkan informasi mengenai berita-berita terkini. Selain itu, anda mengecek email perusahaan untuk melihat email-email yang telah dikirim oleh client-client anda. Dan akhir pekan ini, mungkin saja anda menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk menghubungkan ke jaringan kantor perusahaan sehingga bisa memonitoring kondisi jaringan client perusahaan anda. Agar anda bisa menggunakan VPN dan account internet dial up maka anda harus melakukan authentication terlebih dahulu.

Tetapi apa yang terjadi dibelakang layar ketika anda melakukan authentication pada komputer?. Komputer harus mempunyai satu set protocol dan proses untuk memverifikasi authentication yang telah anda lakukan. Salah satu protocol yang mampu mengerjakan proses authentication tersebut adalah RADIUS (Remote Authentication Dial-In User Service).

RADIUS, mula-mula dikembangkan oleh perusahan Livingston, merupakan sebuah protocol access-control yang memverifikasi dan yang melakukan authentication para pengguna berdasarkan metoda yang umum digunakan. RADIUS umumnya digunakan oleh ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan internet untuk melakukan authentication (pembuktian keaslian pengguna), Authorize (mengatur pemberian hak/otoritas) dan Accounting (mencatat penggunaan layanan yang digunakan).

Sumber : Asep Airlangga - Data Utama

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Anugrah Krisna Aji @ jokojowo.blogspot