SEMARANG MENUJU POROS TEKNOLOGI JAWA TENGAH

Kota semarang yang terkenal sebagai kota lumpia merupakan ibu kota propinsi jawa tengah, selain itu kota semarang merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Belakangan ini kota yang yang mempunyai selogan kota ATLAS (Aman Tertib Lancar Asri Sehat) telah mengalami perubahan walaupun belum signifikan. Potensi Kota semarang di segala bidang begitu banyak, namun belum semua dapat dioptimalkan oleh pemerintah dan masyarakat kota semarang itu sendiri. Aset kota semarang yang juga merupakan potensi kota semrang itu sendiri diantaranya adalah aset budaya yang berupa kebudayaan-kebudayaan asli kota semarang misalnya seperti kesenian gambang semarang,kesenian warak ngendog, dan lain sebagainya, selain budaya semarang juga mempunyai aset pariwisata.
Pariwisata kota semarang pun dibagi dalam beberapa golongan mulai dari objek wisata religi yang berupa tempat-tempat peribadatan umat beragama, objek wisata budaya, objek wisata sejarah, objek wisata hiburan dan alam. Selain budaya dan pariwisata,pendidikan kota semarang juga merupakan aset yang sangat berpotensi. Dunia pendidikan kota semarang saat ini sudah  dapat dibilang maju hal ini dikarenakan kota semarang sendiri telah banyak memiliki sekolah-sekolah baik negri maupun swasta yang mempunyai taraf internasional. Tidak jarang pula siswa-siswi kota lunpia ini menjuarai kompetisi setingkat olimpiade, dalam hal pendidkan tinggi kota semarang tidak kalah dengan Jakarta ataupun jogja, bahkan kota semarang merupakan kota tujuan pertama di jawa tengah dalam hal pemlihan perguruan tinggi. Terutama perguruan tinggi yang berbasis teknologi informasi.
Dengan banyaknya perguruan tinggi yang berbasis teknologi di kota semarang jika dibandingka dengan kota-kota lain di jawa tengah, maka sudah saatnya kota Semarang menjadi poros perkembangangan teknologi di jawa tengah, maksud dari poros adalah dimana kota semarang menjadi talak ukur perkembangan teknologi di propinsi jawa tengah. Hal ini disebabkan karena di kota Semarang itu sendiri telah banyak berdiri oraganisasi-organisasi pemuda yang berorintasi pada teknologi, selain itu dengan ditunjangnya fasilitas yang memadai seperti dengan adanya bandara internasional A. Yani sangat memungkinkan untuk Semarang menjadi poros perkembangan teknologi di jawa tengah. Selain dari faktor fasilitas yang telah memadai untuk pengembangan teknologi, kota Semarang juga telah mempunyai SDM (sumber daya manusia) yang sangat memadai terbukti pada kota Semarang telah lahir peneliti-peneliti muda bidang teknologi, mulai dari robotika sampai dengan perkembangan teknologi informasi baik itu software maupun hardware.
Peran media local kota Semarang pun sudah sangat membantu terwujudnya cita-cita ini. Baik itu media cetak maupun elektronik, media disini berperan dalam penyampaian hasil kreativitas para peneliti muda kota Semarang, selain media dukungan tentunya juga akan diberikan oleh para pengusaha yang mana kota Semarang juga merupakan kota bisnis dan pusat perdagangan di propinsi jawa tengah. Pemerinta kota Semarangpun mendukung hal semacam ini terbukti dengan adanya kebijakan pemerintah kota Semarang mengubah system pendaftaran peserta didik dari yang sebelumnya dilakukan dengan cara manual bahkan saat ini seluruhnya dilakukan dengan system online yang di tangani oleh salah satu perguruan tinggi swasta kota Semarang. Bahkan pemerintah daerah jawa tengah melalui pendaftaran calon pegawai negeri sipil formasi tahun 2009 secara tdak langsung telah mendukung terwujudnya kota Semarang sebagai poros perkembangan teknologi di jawa tengah, kal ini dikarenakan pendaftaran dilakukan secara online dengan berpusat di kota Semarang dan dikelola oleh salah satu perguruan tinggi swata kota Semarang.
Perwujudan kota Semarang untuk menjadi poros perkembangan teknologi di propinsi jawa tengah memang tidak cukup mudah karena hal ini menuntut ketekunan dari segenap masyarakat, kalangan akademisi, dan organisasi pemuda khususnya yang berbasis teknologi untuk tetap berusaha menciptakan karya-karya baru inovatif dan kreatif dengan sudut pandang manfaat untuk usaha maupun masyarakat luas. Selain itu peran pemerinah dan pengusaha untuk mendukung terciptanya sebuah inovasi-inovasi baru dalam bidang teknologi juga sangat penting. Pengendalian iklim atau suasana aman tertib lancardan terkendali demi terciptanya suasana berkarya dan berinovasi untuk menunjang lahirnya peneliti peeliti baru yang berasal dari kota Semarang ini. Untuk para pengusaha perannya dalam pengimplementasian dan penghargaan sebuah hasil karya inovatif dan kreatif harus dapat terlaksana, syukur-syukur dapat tercipta sebuah lapangan kerja baru melalu penelitian kreatif para pemuda.
Jika semua dapat terpenuhi dengan baik maka tidak akan lama lagi kota Semarang akan benar-benar menjadi poros perkembangan teknologi di jawa tengah, bahkan dapat juga menjadi tolak ukur perkembangan teknologi Indonesia.

Anugrah Krisna Aji, S.Kom

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Anugrah Krisna Aji @ jokojowo.blogspot