Mengenal Jaringan Thin Client


Thin Client adalah jaringan komputer terpusat, pemakai menggunakan komputer dengan spesifikasi 
minimum menjalankan aplikasi, menggunakan data dan daya komputer server. Konsep terpusat ini mirip dengan teknologi mainframe yang menggunakan terminal ASCII/ANSI . Perbedaannya adalah, thin client menggunakan Windows, full color, lengkap dengan mouse , font bahkan suara. 
Keuntungan utama thin client adalah : kemudahan pemeliharaan dengan administrasi tunggal yang hanya dilakukan melalui server, seperti instalasi / update aplikasi, penentuan pemakai, disk quota, sistem keamanan dan pemakai bebas menggunakan komputer mana saja, bahkan dapat diakses langsung dari Internet, jika Server terhubung ke Internet. Hal ini memberi kemudahan penggunaan thin client di luar kantor, kantor cabang, kios, tempat pelayanan tanpa memerlukan konversi aplikasi eksisting, misal dengan menggunakan Java, Web dan sebagainya. 

Keuntungan kedua adalah dapat menggunakan komputer yang ada ( DOS/ Windows 31/Windows95) :
dengan atau tanpa hardisk.Kedua keuntungan ini, menyebabkan pengurangan biaya administrasi yang biasanya dilakukan perkomputer. Juga diperoleh penghematan investasi ; yaitu tidak diperlukannya upgrade atau penggantian komputer eksisting atau jika membeli komputer baru dapat dengan spesifikasi minimum (RAM 16MB ,tanpa hardisk).  

Kunci utama keberhasilan penggunaan thin client terletak pada Server : yaitu penentuan spesifikasi server dengan pertimbangan beban pemakai, aplikasi yang digunakan, kecepatan yang diinginkan dan kehandalan (contigency plan). 

Beberapa penelitian, menunjukkan penghematan biaya 35-57 % dibanding dengan menggunakan 
jaringan komputer biasa. 

Misalkan diambil penghematan thin client 35%, dibandingkan menggunakan jaringan komputer biasa.Investasi jaringan komputer biasa; H/W/ S/W, jaringan, upgrade, seharga $9000  4), diperoleh penghematan  

$9,000 x .35 = $3,150 penghematan per tahun atau $263 per bulan atau Rp 2,63 juta per 
komputer
Jika menggunakan komputer baru thin client (Compaq, IBM, Dell), seharga Rp 6 juta, maka dalam waktu 21/2 bulan sudah balik Modal.

4 komentar:

outbound di malang said...

Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

Obat Kolesterol said...

postingan yang bagus tentang Mengenal Jaringan Thin Client

Rahmat computer said...

oke banget gan! share dong,harga tekini...butuh nih buat kantor...di tunggu kabar baliknya....trims

jokojowo said...

waduh gan maaf banget ane bukan penjual, jadi g tau harga terkini

Post a Comment

Copyright © Anugrah Krisna Aji @ jokojowo.blogspot