Arti Hari Batik Nasional Bagi Diriku


Lucu rasanya jika harus mengingat hari ini 2 Oktober, dimana hari ini merupakan hari batik nasional, awalnya aku sempat bersikap skeptis terhadap apa yang namanya batik. dahulu saya beranggapan kalo batik itu identik dengan old style, sehingga aku pun enggan menggunakan batik. lebih anehnya lagi hal itu terjadi ketika aku sebagai mahasiswa, dan mempunyai aktivitas sebagai aktivis kampus. dimana pada saat itu para kativis sedang nguri-uri budaya Indonesia dengan meakai batik setiap hari selasa, dan hanya aku yang tidak memakai batik. sampai akupun punya pendapat kalo hanya untuk melestarikan budaya kenapa hanya batik?? yah ungkapan itu mungkin lebih tepatnya sebagai pembenaran atas sebuah pernyataan yang tidak jelas. 


Berawal dari hari batik pertama kali dicanangkan oleh pemerintah tahun 2009, dimana saat itu aku sudah mualai bekerja pada suatu instansi. Pada saat itu pulalah aku pertama kali merasa nyaman memakai pakaian batik dan akhirnya kecanduan sampai sekarang. Memang untuk membiasakan sesuatu terkadang perlu sebuah pemaksaan kecil, pemaksaan itu terjadi saat aku pertama kali kerja dan harus memakai batik di hari batik nasional. namun pemaksaan itu berdampak positiv (menurut ku sih) karena saat aku bercermin dengan kemeja batik, aku melihat diriku tampil lebih keren dari biasanya.. hehehehe (sekali-kali memuji diri sendiri) dan saat itu pula anggapan bahwa batik itu old style sudah terbantahkan oleh diriku sendiri. akupun sangat ingat batik yang aku pakai saat itu adalah batik bermotif kawung. ternyata dengan memakai batik kita akan lebih keren dan dapat menjadi identitas kita sebagai bangsa Indonesia.

Intinya pada hari batik nasional lah saya mersa percaya diri mengenakan kemeja batik, dan pada hari batik nasional lah pertama kalinya aku merasa nyaman pakai batik.

Selamat Hari batik Nasional, Jadikan Batik Sebagai Identitas diri dan Bangga menggunakan Batik.

2 komentar:

GST Impact Analysis said...

Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

Learn Digital Marketing said...

Thanks for sharing. I hope it will be helpful for too many people that are searching for this topic. Keep posting and keep this forum a great place to learn things.

Post a Comment

Copyright © Anugrah Krisna Aji @ jokojowo.blogspot