E-Money


 
Uang elektronik (atau uang digital) adalah uang yang digunakan dalam transaksi Internet dengan cara elektronik. Biasanya, transaksi ini melibatkan penggunaan jaringan komputer (seperti internet dan sistem penyimpanan harga digital). Electronic Funds Transfer (EFT) adalah sebuah contoh uang elektronik.
Uang elektronik memiliki nilai tersimpan (stored-value) atau prabayar (prepaid) dimana sejumlah nilai uang disimpan dalam suatu media elektronis yang dimiliki seseorang. Nilai uang dalam e-money akan berkurang pada saat konsumen menggunakannya untuk pembayaran. E-money dapat digunakan untuk berbagai macam jenis pembayaran (multi purpose) dan berbeda dengan instrumen single purpose seperti kartu telepon.

Uang elektronik merupakan bidang yang menarik dalam kriptografi (lihat, hasil kerja David Chaum), penggunaan uang digital sampai sekarang masih dalam skala-kecil. Satu kesuksesan yang jarang adalah kartu Octopus Hong Kong, yang dimulai sebagai sistem pembayaran transit dan telah tumbuh menjadi sistem uang kas yang banyak digunakan umum. Sukses lainnya adalah jaringan Interac Kanada, yang pada tahun 2000, telah melewati pembayaran uang tunai dalam bidang retail di Kanada.


Saat ini operator seluler pun berlomba-lomba untuk memanfaatkan peluang tersebut, salah satunya adalah Indosat yang telah mengeluarkan program yang disebut dengan Dompetku. Dompetku adalah layanan uang elektronik yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan seperti pembayaran tagihan, pengisian pulsa, pembelian barang di mitra kerjasama, bahkan pengiriman uang sekalipun. Cukup melalui ponsel jenis apapun, kapan saja dan dimana saja tanpa perlu membawa uang tunai.

Dompetku ini dapat digunakan untuk bertransaksi di outlet bertanda khusus, serta seluruh alfamart di indonesia.

Untuk melakukan registrasi bisa menghubungi galeri indosat terdekat, dan informasi lebih lanjut silahkan kilik link berikut ini http://www.indosat.com/Dompetku/

dan untuk aplikasi di android dapat diunduh melallui playstore atau melalui link berikut ini
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.padicon.dompetku

2 komentar:

App Development Bangalore said...

Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

Buy Contact Lenses Online in India said...

Hey keep posting such good and meaningful articles.

Post a Comment

Copyright © Anugrah Krisna Aji @ jokojowo.blogspot